jump to navigation

Semua Tersangka Kericuhan di Kelenteng, Dikejar Mei 31, 2008

Posted by thiangiekiong in news.
trackback
Jumat, 30 Mei 2008
Semua Tersangka Kericuhan di Kelenteng, Dikejar
AKP Andrias : Rudi Itu Tersangka, Bukan Saksi
SAMARINDA. Kapolsekta Samarinda Utara AKP Andrias Susanto Nugroho SIK menegaskan bahwa dirinya sudah menempuh prosedur yang benar dalam menyikapi kasus keributan di dalam Kelenteng Tridharma, Jl Yos Sodarso, Samarinda Ilir, beberapa waktu lalu.”Saya merasa sudah melakukan prosedur hukum yang benar,” tegasnya.

Penegasan ini dilontarkannya menanggapi terjadinya protes yang dilakukan sejumlah warga dan pengurus Kelenteng Tridharma lantaran tidak bisa menerima keputusan Kapolsekta Samarinda Utara AKP Andrias Susanto Nugroho SIK yang melakukan penahanan terhadap seorang pemuda bernama Rudiansyah alias Rudi (18), salah seorang kerabat Tjia Joen Gioe alias Jun (56) yang juga diketahui menjadi korban pengeroyokan dalam keributan di Kelenteng Tridharma, Jl Yos Sudarso, Samarinda Ilir, beberapa waktu lalu.

Andrias menegaskan status Rudi adalah sebagai salah satu tersangka dalam keributan tersebut.

“Rudi itu tersangka, bukan saksi. Jadi tidak benar jika ada yang mengatakan Rudi dipanggil sebagai saksi. Dia kami jerat dengan UU Darurat tahun 1951 tentang senjata tajam,” tegas perwira polisi lulusan Akpol tahun 1999 ini.

Dengan tegas pula ia mengatakan bakal melakukan penyelidikan terkait kasus keributan tersebut.

“Semua tersangkanya, akan kami kejar dan tangkap semua. Siapapun yang terlibat. Sementara ini anggota saya masih melakukan penyelidikan,” tegas Andrias lagi.

Seperti diketahui, puluhan warga yang tergabung sebagai pengurus dan anggota Kelenteng Tridharma di Jl Yos Sudarso, Samarinda Ilir, Rabu (29/5) malam kemarin, sekitar pukul 23.00 wita, datang berbondong-bondong ke Polsekta Samarinda Utara.

Kedatangan puluhan warga ini bermaksud menanyakan soal prosedur hukum yang diambil pihak Polsekta Utara.

Pasalnya, puluhan warga tersebut merasa keberatan polisi mengamankan seorang pemuda bernama Rudiansyah (18). Pasalnya, mereka mengatakan bahwa Rudi dipanggil sebagai saksi dari pihak korban, dalam kasus keributan di Kelenteng Tridharma, beberapa waktu lalu.

“Rudi ini dipanggil sebagai saksi dari pihak saya. Saya ini menjadi korban pengeroyokan, tapi kok saksi saya yang ditahan. Saya yang laporan, tapi kenapa saksi yang melihat saya dikeroyok yang ditahan, bukannya pelaku pengeroyokannya, kan aneh,” ucap Tjia Joen Gioe alias Jun (56) yang ditemui Sapos di Polsekta Samarinda Utara, Rabu malam kemarin.

Jun sendiri merasa heran dengan keputusan polisi yang sempat mengamankan Rudi. Bahkan Rudi diamankan di dalam sel titipan.

“Statusnya kan hanya sebagai saksi, bukan tersangka, kenapa di kurung di dalam sel, meski hanya sel titipan. Saya dengar dia malah mau dijadikan tersangka karena saat kejadian sempat membawa besi,” jelas Jun lagi.

Jun mengatakan saat kejadian Rudi memang sempat membawa besi, saat beberapa orang menyerang masuk ke dalam kelenteng.

“Dia membawa besi karena melihat dari pihak penyerang yang masuk ke dalam kelenteng membawa pisau. Makanya dia bawa besi. Tapi besi itu sendiri hanya dipegang dan tak pernah dipukulkan kepada orang lain,” jelas Jun lagi.(uya)

source : http://www.sapos.co.id/berita/index.asp?IDKategori=74&id=100434

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: